Saturday, October 13, 2012

Bidang Spesifik IT : Cloud Computing



Setelah lulus SMA, saya mau kuliah jurusan apa yah?? Mau kuliah di mana yah?? Setelah lulus kerjaannya apa yah??

Biasanya ketiga pertanyaan penting inilah yang selalu di pertanyakan baik oleh siswa/i maupun orang tua sekarang ini.
Tidak bisa di pungkiri bahwa sekarang ini semua sektor bisnis dan kehidupan masyarakat sangat erat kaitannya dengan kemajuan Information Technology. Jika kalian tertarik dengan dasyatnya perubahan teknologi dan juga implikasinya terhadap sektor bisnis dan masyarakat sekarang ini, salah satu bidang yang bisa di bidik saat ini adalah CLOUD COMPUTING. 

Akhir akhir ini, banyak sekali terjadi perbincangan mengenai Cloud Computing atau Komputasi Awan. Cloud computing adalah suatu penggabungan teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet. Secara sederhana, Cloud computing dapat kita bayangkan seperti kita membutuhkan listrik. Tentunya kita adalah pemakai listrik dalam kehidupan sehari hari. Untuk bisa menikmati listrik, kita tidak perlu mendirikan infrastruktur pembangkit listrik sendiri bukan? Yang perlu di lakukan adalah mendaftar ke PLN dan kita tinggal menggunakan dan membayar sesuai dengan penggunaan.
Nah analogi PLN di atas, adalah sedikit gambaran Cloud computing di mana fungsinya adalah memberikan layanan kepada user/pemakai dari layanan tersebut. Layanan penggunaan teknologi komputer berbasis internet contohnya dapat di tujukan untuk menganlisis data, komunikasi tanpa batas, mengerti trend customer, menaikkan produktifitas , dan masih banyak lagi. 

Akan banyak pasar kerja untuk professional IT yang mempunya kemampuan pengembangan Cloud computing di masa akan datang baik di sektor bisnis, pemerintah, sosial masyarakat. Bahkan menurut The Cloud Dividend Report (December, 2010) di katakan bahwa perkembangan Cloud computing akan menghasilkan 446,000 pekerjaan setiap tahun di bidang retail, hotel, sektor keuangan dan publik di Eropa, Middle East dan Africa. 

Bagi teman teman SMA yang masih bingung, mungkin ini bisa dijadikan pilihan untuk  mendapatkan HIGH END JOB kalian.

No comments:

Post a Comment